Sempat Dirawat Di Rumah Sakit, Ki Manteb Siap Ndalang Lagi

ki-manteb-sudharmono
FOTO/istimewa

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Dalang kondang Ki Manteb Sudharsono sakit, Berita itu sempat membuat geger, dan terutama yang sempat akan nanggap dalang tersebut. Selama empat hari dalang tenar itu terbaring di RS Dr Oen Solo Baru karena drop kondisinya dan sedikit ada gula darah yang naik.

‘’Oleh dokter memang disuruh istirahat, maklum sudah tua. Tapi bagaimana lagi, banyak yang kangen dengan wayangan saya. Jadi mau tidak mau ya saya turuti saja. Masyarakat maunya saya yang ndalang tidak ingin yang lain,’’ kata dia di rumahnya, Senin.

Kabar sakitnya sempat membuat kelimpungan banyak orang. Warga Karanganyar di Batam yang akan nanggap Ki Manteb di ulang tahun paguyubannya yang ke 12 besok pada 14 Maret sempat dibuat khawatir ketika melihat foto Ki Manteb terbaring di rumah sakit beredar di media sosial..

Panitianya bahkan sempat telepon sendiri soal pentasnya nanti. Warga Karanganyar di Batam memang fanatik dengan Ki Manteb. Sudah dua kali ini dia diundang mayang di peringatan paguyuban.

‘’Setiap kali diganti dalang lain, mereka tidak mau. Pokoknya harus saya yang main. <ereka memang penggemar fanatik yang tidak mau digantikan dalang lain. Karena itu mendengar saya sakit, mereka nyelakne telepon. Untung waktu itu saya sudah sembuh dan tidak perlu khawatir, insya Allah saya hadir ke Batam,’’ kata Ki Manteb.

Dalang Oye itu memang lain. Lakon yang dia bawakan selalu bermakna dan runtut. Dia mencontohkan, di Batam dia disuruh melakonkan saat Gatotkaca lahir sampai menjadi ratu. Itu memang tidak mudah, memilih adegan penting tiap tokoh sehingga menjadi lakon banjaran.

Dan itulah keahlian Ki Manteb yang dia pelajari dari mendiang Ki Narto Sabdho dalam menggelar lakon banjaran. Sehingga setiap lakon yang digelarnya memiliki makna dan tidak sembarang dalang bisa menggelar lakon banjaran sehingga menarik.

Kini, Ki Manteb siap mendalang lagi. Sekarang dia memang masih harus banyak istirahat atas saran dokter yang merawatnya. Tanggal 7 Maret dia sudah mulai berkiprah lagi meski harus dibatasi paling banyak dua kali sepekan mendalang. Termasuk mendalang di Batam 14 Maret nanti. Semoga selalu sehat Pak Manteb.(Joko DH)

Editopr : Budi Sarmun