Sala Hatedu, Hari Teater Dunia di TBS Surakarta

sala-hatedu-2020
FOTO ILUSRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – SALA HATEDU kembali turut terlibat dan berkontribusi dalam peringatan Hari Teater Dunia di Surakarta. Acara ini kembali dihelat untuk ke-7 kalinya, yang pada tahun ini akan berlangsung mulai 24-27 Maret 2020 di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah.

“HATEDU tahun ini akan dihadiri oleh berbagai kelompok teater tradisional dan mancanegara,” kata Anita, special event dalam siaran persenya, Rabu (12/2).

Dalam menyambut acara tersebut, SALA HATEDU mengadakan beberapa kegiatan (pre-event) yang akan dilakukan di beberapa titik kota Surakarta. Terdekat merupakan agenda pertunjukan seni sekaligus press conference dari panitia.
Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020 di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah. Sala Hatedu tahun ini mengusung tema sebuah perjalanan.

Perjalanan adalah sebuah bentuk usaha perpindahan tempat dari satu titik ke titik lain. Perjalanan kesenian di kota Solo sudah mencapai titik puncak dimana angin kencang pembaruan generasi dan pembaruan teknologi masuk dalam ranah panggung dan kehidupan seniman sendiri, sebuah adaptasi perlu dilakukan. Penawaran akan pembaruan sulit dielakan apalagi dengan adanya salah satu
gerbang pembaruan yaitu digitalisasi, dimana segala bentuk kesenian panggung yang dinikmati secara langsung kini dapat dinikmati secara tidak langsung lewat peranti kita.

Tentunya digitalisasi ini bisa menjadi ancaman dan juga menjadi sahabat. Maka timbulah pertanyaan, akan kemanakah arah kesenian teater kita. (*)

Editor : Budi Sarmun