Festival Dolanan Anak CMC Berlangsung Meriah, Ratusan Anak Menari Bersama di CFD

tari-jaranan-klaten1
TARI JARANAN : Ratusan siswa SD dan TK menari Tari Jaranan bersama pada Festival Dolanan Anak di arena Car Free Day Jalan Pemuda, Klaten Tengah, Minggu (505/01/2020).(suaramerdejasolo.com/Merawati Sunantri)

SUASANA arena Car Free Day di Jalan Pemuda, Klaten Tengah, Minggu (5/1) sangat meriah. Ratusan anak dari berbagai TK dan SD di Klaten hadir bersama guru dan orang tuanya. Mereka adalah peserta Festival Dolanan Anak II tahun 2019 yang diselenggarakan Caring Mom Community (CMC).

Setiap peserta terdiri atas 12 anak.
‘’Senang ikut festival,’’ kata Novira dari SDN 2 Klaten. Sementara itu, Yunan pendamping dari SD d’Vastu mengatakan, tim terdiri atas siswa kelas 2, 3 dan 4. Untuk persiapan, mereka berlatih selama sepekan.

Mereka mengenakan busana menarik dengan membawa kuda kepang dan cemeti. Warna dan desain busana setiap sekolah berbeda, setiap peserta diberikan kebebasan untuk berkreasi.

Ada yang serba merah, hijau, hitam, lurik, oren, kuning dan masih banyak lagi, semua lengkap dengan asesoris penari.

Sekitar pukul 07.30 WIB, para peserta menari dalam sesi pemanasan dipandu Hartono, guru seni Tari SD Maria Asumpta. Setelah dua kali pemanasan, akhirnya penilaian dilakukan. Sorak sorai suporter dan orang tua menambah semarak suasana acara yang disiarkan secara live sreaming di channel CMC.

‘’Festival Dolanan Anak II 2019 diisi lomba tari dolanan anak. Peserta dibuatkan Tari Jaranan, diberi waktu berlatih dan tampil bersama-sama di CFD. Ada 31 kelompok peserta atau sekitar 400 anak,’’ kata Ketua Panitia, Endang Dwi Lestari.

Untuk TK hasilnya, untuk kostum terbaik diraih TK Pertiwi Krajan, kreatifitas dimenangkan TK Izzah Klaten Utara, ekspresi terbaik TK Aisyiyah Glodogan 2, kekompakan dan orisinalitas dimenangkan TK Butik 1 dan penampil terbaik diraih TK Maria Asumpta.

Sedang untuk SD, kostum terbaik dimenangkanSD d-Vastu, kekompakan dan orisinalitas dimenangkan SDN 1 Klaten, kreatifitas dimenangkan SDN 2 Barenglor, ekspresi terbaik diraih SDN 1 Krajan sedangkan penampil terbaik diraih SDN 4 Barenglor. Pemenang mendapatkan piala, piagam dan hadiah dari sponsor.


Emotional Traning

Sehari sebelumnya, digelar Emotional Management Training (EMT) di Hotel Grand Tjokro, Klaten, Santu (4/1). Acara diikuti orang tua millenial.

Panitia menyiapkan sejumlah booth, mulai dari kerajinan, kecantikan, edukasi, hingga IT. Ada tiga teknisi expert yang mengajarkan cara kerja coding, interet dan komputer.