Gebyar Budaya Desa Pandes : Gali Potensi, Luncurkan 1 RW 1 Produk Unggulan

potensi-budaya-desa pandes-wedi-klaten1
KIRAB BUDAYA : Perangkat dan masyarakat Desa Pandes, Kecamatan Wedi menggelar Gebyar Budaya, MInggu (29/12).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

DESA Pandes, Kecamatan Wedi, Klaten berupaya mengangkat potensi unggulan desanya agar lebih dikenal masyarakat luas. Tujuannya tak lain untuk memberdayakan UMKM demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu, Desa Pandes menggelar Gebyar Budaya yang berlangsung selama dua hari, Sabtu (28/12) dan Minggu (29/12). Pada Sabtu, digelar pameran produk unggulan, pentas seni anak, senam bersama berhadiah, dan malamnya Koes Plus Mania.

‘’Hari Sabtu, kami mengawali kegiatan dengan peresmian produk unggulan desa dan launching satu RW satu produk unggulan. Di Desa pandes ada 19 RW, jadi minimal sudah ada 19 produk yang nantinya akan kita kembangkan,’’ kata Kades Pandes, Heru Purnomo.

Baca : Mencari Generasi Penerus Teater Tradisional

Sabtu siang digelar ada pementasan kesenian lokal yang di ikuti anak-anak dan masyarakat Desa Pandes. Acara berlangsung meriah, anak-anak sangat senang mendapatkan kesempatan unjuk kebolehan. Malam harinya, giliran warga yang sudah berumur menikmati tembang kenangan hingga menjelang tengah malam.

Bazar dan pameran produk unggulan dari seluruh RW digelar mulai Sabtu siang hingga Minggu siang. Pada Minggu (20/12), diadakan kirab budaya yang berisi segala aktivitas masyarakat Pandes, mulai dari Ssrabi Kuntulan, Kirab Sego Wiwit, Kampung Sablon, RW sehat, dan lainnya.

Baca : Museum Keris Nasional Kaya Filosofi kehidupan dan kebudayaan Jawa

‘’Kali ini, kami ingin mengangkat tokoh dalang kondang Ki Nartosabdo sebagai ikon Desa Pandes. Beliau merupakan maestro seni yang dilahirkan dan besar di Dukuh Krangkungan, Desa Pandes,’’ ujar Heru Purnomo.

Upaya itu dimaksudkan untuk mencoba meneladani spirit juang tokoh seni budaya yang sangat kreatif dan inovatif dalam pengembangan dunia kesenian dan budaya. Ke depan diharapkan, masyarakat Desa Pandes akan lebih kreatif dan inovatif lagi dalam berkarya membangun dan mengembangkan berbagai potensi yang ada di Desa Pandes.

Baca : Rakerda Wankes Klaten Susun Agenda Seni 2020