Rakerda Wankes Klaten Susun Agenda Seni 2020

dewan-kesenian-klaten

*Pelestarian Seni Tradisi Masih Jadi Prioritas

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (17/12). Rakerda mempunyai dua agenda utama, yakni pemaparan laporan kegiatan Wankes tahun 2019 dan menyusun program kerja tahun 2020.

‘’Rakerda Dewan Kesenian tahun 2019 membahas program kegiatan sekretariat dan kegiatan komite-komite seni yang ada. Kami juga membahas program dan kegiatan Wankes Kecamatan,’’ kata Ketua Harian Wankes Klaten FX Setyawan DS.

Baca : Gedung Teater Dibangun di Kompleks Gedung Wanita

Kegiatan dibuka Asisten 1 Sekda Klaten Ronny Roekmito mewakili Bupati, dengan dihadiri pengurus Wankes Kecamatan, sanggar seni budaya yang ada di Kabupaten, Klaten, Instansi terkait, camat dan tamu undangan.

‘’Rakerda akan mengesahkan program dan kegiatan Wankes Klaten tahun 2019 dan penetapkan rancangan program kegiatan Wankes Klaten tahun 2020. Hadirnya pemangku kebijakan sangat penting untuk mendukung pengembangan seni budaya di Klaten,’’ ujar Setiawan.

Selama tahun 2019, Wankes telah menggelar berbagai kegiatan seni, pembinaan seni budaya, pameran, hingga pentas seni baik seni tari klasik hingga modern, seni musik, wayang, ketoprak, lukis, seni sastra, karawitan dan masih banyak lagi.

Baca : Mungkinkah Terinspirasi oleh Drama Ketoprak dan Film Super Hero?

‘’Kami menyusun agenda tahun 2019/2020, mulai dari lomba pop singer, pentas band remaja, musik campursari, musik etnik, pentas karawitan, lomba sinden, festival tari kreasi, pergelaran wayang, workshop sastra, lomba pranatacara dan lainnya. Pelestarian seni tradisi jadi prioritas,’’ ujar Setiawan.

Ketua Panitia Rakerda, Suwito Radyo mengatakan, Rakerda dihadiri sekitar 350 orang terdiri atas pengurus Wankes Kabupaten, pengurus Wankes Kecamatan dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan perwakilan sanggar seni yang ada di Klaten.

Baca : Dua Ahli Radiologi Malaysia Naik Andong Keliling Baluwarti

Sayangnya, Ketua Umum Wankes Klaten Sunarna yang kini menjabat anggota DPR RI tak bisa hadir karena bersamaan dengan sidang komisi anggaran DPR RI. Namun dia berpesan, agar regenerasi seniman terus berjalan agar seniman-seniman muda selalu lahir di Klaten dan seni tradisi bisa terus lestari berkembang.

Dalam acara yang dibuka dengan sajian tari gambyong itu, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo memberikan materi tentang kebijakan daerah berkaitan seni budaya.(Merawati Sunantri)

Baca : Museum Keris Nasional Kaya Filosofi kehidupan dan kebudayaan Jawa

Editor : Budi Sarmun