Mencari Generasi Penerus Teater Tradisional

pentas-kelas-drama-fib-uns
PENTAS : Mahasiswa FIB UNS memeragakan pentas kelas drama tradisional. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com -Prodi Sastra Daerah Fakultas Imu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pentas kelas drama tradisional di gedung 1 FIB.

Dosen pengampu mata kuliah kajian drama Prof Sahid Teguh Widodo memgemukakan jika pementasan berkala tahunan itu merupakan laboraturium dan strategi untuk mencari bibit-bibit unggul dalam panggung.

Pementasan ini juga merupakan awal pemain drama untuk bergabung ke kelompok kerja Wiswakarman. Kelompok Wiswakarman sendiri sudah berusia 30 tahun dan terus berkarya tanpa berhenti. Sampai saat ini UNS memiliki satu kelompok teater tradisional yang mampu bertahan sampai sekarang yang satu-satunya di Solo.

“Kami harapkan dengan acara ini, semua pihak selalu mendukung pementasan. Teater drama ini berkelanjutan. Dan pementasan kali ini ada 4 pementasan yang setiap drama berdurasi maksimal 20 menit,” tutur Prof Sahid.

Dikemukakan, pementasan drama merupakan mata kuliah wajib khususnya di semester 5. Tahun ini drama itu dipentaskan karena tahun-tahun sebelumnya pementasan drama tidak digelar.

Sebanyak 62 mahasiswa Prodi Sastra Daerah itu membawakan 4 pementasan yang berjudul “Semar Mendem”, “Kalap Karang wirang”. “Kacamata Ireng” dan “Nandang Tangis”. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun