Asal Usul, Sejarah Dan Lahirnya Musik Rock

sejarah-musik-rock
FOTO ILUSTRASI

MUSIK rock telah menjadi makhluk yang mudah berubah dan tidak dapat diprediksi yang telah terus-menerus mendefinisikan ulang dan menemukan kembali dirinya sejak kemunculannya di akhir 1940-an.

Tidak mengherankan jika sangat sulit untuk menerapkan definisi langsung pada format musik yang resah.

Tapi sementara orang mungkin berdalih secara spesifik, musik rock umumnya bisa digambarkan sebagai musik bernuansa keras yang dimainkan dengan gitar elektrik, bass dan drum dan biasanya disertai lirik yang dinyanyikan oleh seorang vokalis.

Kedengarannya cukup sederhana, namun melihat lebih dekat evolusi rock menunjukkan betapa beragam gaya dan pengaruh yang telah membentuk perkembangannya selama ini. Pertama, lihat kembali fondasinya.
Asal-usul Rock (1940an – 1960an)

Asal-usul Rock dapat ditelusuri kembali ke akhir 1940-an, ketika gaya populer hari ini, musik country dan blues, berubah menjadi suara baru yang dibantu oleh gitar listrik dan beat drum yang mantap. Perintis seniman rock berusia 50-an seperti Chuck Berry bersandar pada struktur blues klasik sambil menunjukkan bakat sebagai penghibur alami.

Berbeda dengan musik pop yang aman di era ini, serangan agresif rock memberi kesan kebebasan seksual yang terbukti mengejutkan selama usia konservatif itu.

Pada awal tahun 60an, pengikut Berry, terutama Rolling Stones, memperluas lingkup rock dengan beralih dari artis single ke dalam musisi yang mampu menghasilkan album lagu yang kohesif. Merangkul seks dan pemberontakan muda di musik mereka, Stones mendambakan kontroversi namun juga mengangkat rock ke ketinggian budaya baru.

Evolusi Rock (1970-an)

Sebagai musik rock menjadi bentuk dominan musik populer, band baru dibangun di atas kekuatan pendahulunya saat bercabang ke wilayah sonik baru.