Asal-usul Seni Rupa Modern Indonesia

asal-usul-seni-rupa-indonesia

SEJARAH seni rupa modern di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari pengaruh Barat, seiring dengan kolonialisasi Nusantara oleh Barat.

Bila mengacu pada pendapat Sanento Yuliman, masa seni rupa modern dirintis oleh Raden Saleh yang mulai melukis dengan caracara Barat. Melukis cara seperti ini tentu berbeda dengan cara melukis yang biasa dipakai para kriawan tradisional.

Oleh karenanya Sanento Yuliman menempatkan Raden Saleh sebagai perintis seni rupa modern Indonesia. Hal ini tentu masih menyisakan pertanyaan mengenai waktu dimulainya seni rupa modern di Indonesia.

Melalui buku Asal Usul Seni Rupa Modern Indonesia, Jakob Sumardjo melihat dari sudut pandang lain mengenai perkembangan seni rupa modern Indonesia melalui geneologi, yaitu menelusur asal-usul pembentukan awal seorang seniman, yang meskipun kemudian, dalam perkembangan kreativitas pribadinya, ia dapat menolak, menerima, atau merubah apa yang semula diajarkan sebagai ”seni rupa” yang seharusnya.

Sikap demikian akan itu akan terlihat dari karya-karya monografi. Dengan meneliti melalui alur geneologi ini akan menghasilkan tulisan yang berbeda dengan penulisan sejarah seni rupa, karena beberapa nama dan peristiwa yang berada di luar alur asal usul tidak dibicarakan. Arus besar pembelajaran yang mengakibatkan lahirnya seniman-seniman besar Indonesia inilah yang menjadi fokus.

Dengan mengacu pada pendekatan geneologi, maka pembahasan sejarah dibagi berdasarkan kurun waktu, yaitu Seni Rupa Zaman Kolonial (1600 – 1950), Para Pemula Seni Rupa Modern, Seni Rupa Bali Modern, Para Perintis Seni Rupa Modern Indonesia. Akademi Seni Rupa, dan Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Pada bab berjudul Seni Rupa Zaman Kolonial, dijelaskan mengenai hubungan tema dalam lukisan dengan penjajahan Belanda yang memosisikan Indonesia sebagai obyek turisme.