Bunyi Kosakata Musik Jawa

musik-jawa1

SECARA geografis pulau Jawa dibagi menjadi tiga daerah setingkat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dimana dari ketiga daerah tersebut masing-masing memiliki bahasa yang berbeda.

Meskipun antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ada kemiripan, tapi apabila kita cermati lebih jauh, maka akan segera kita dapatkan adanya perbedaan yang cukup signifikan pada bahasa dari kedua daerah tersebut, baik dari segi dialek maupun dari segi bunyi kosa katanya.

musik-jawa3

Selain itu masih ada satu hal lagi yang patut kita perhatikan, yaitu baik Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur ternyata masing-masing memiliki tangga nada pentatonis yang berbeda.

Jawa Barat misalnya, tangga nadanya adalah La Si Do Mi Fa, dari tujuh nada diatonis, yang hilang adalah nada Re dan Sol. Sedangkan Jawa Tengah tangga nadanya adalah Do Mi Fa Sol Si, dari tujuh nada diatonis, yang hilang adalah nada Re dan La. Untuk Jawa Timur tangga nadanya adalah Do Re Mi Sol La, dari tujuh nada diatonis, yang hilang adalah nada Fa dan Si.

Anda bisa check nada-nada tersebut di alat musik barat seperti guitar, piano, dan sebagainya.

Yang paling istimewa adalah Jawa Timur.

Kenapa?, ya…karena ternyata Do Re Mi Sol La adalah merupakan tangga nada pentonis yang bersifat universal.

Dalam arti bahwa tangga nada tersebut tidak hanya terdapat di Jawa Timur saja, tapi juga di daerah lain di belahan bumi bagian timur atau Oriental.

Coba anda dengarkan musik Mandarin, maka anda akan mendapatkan nada pentatonis tersebut, cuma dalam cengkok yang berbeda. (*)

musik-jawa2

Oleh : Abdul Latif, FP abdul latif

Editor : Budi Sarmun