Setiap Kamis, ASN di Karanganyar Wajib Berbaju Adat

pakaian-adat-asn-karanganyar
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karanganyar, setiap Kamis wajib memakai baju adat. Kebijakan itu berlaku mulai Kamis (7/11). ASN pria memakai baju dan celana hancinco warna hitam, lengkap dengan ikat kepala dan sepatu sandal.

Sementara ASN wanita memakai kebaya kutu baru dengan bahan dan warna bebas asalkan bukan bahan brokat, bawahan kain jarit dengan motif dan warna bebas, bersandal. Jika berkerudung, warna kerudungnya menyesuaikan. Sedangkan jika tidak berkerudung, rambutnya disanggul sederhana atau dicepok.

Baca : Mulai Hari Ini, ASN Klaten Pakai Selendang Lurik

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Karanganyar Nomor 025/7296.1.7 tentang Penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH) Adat Bagi Pegawai di Lingkungan Pemkab Karanganyar tertanggal 4 November 2019.

Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Gubernur Jateng Nomor 065.5/0019836 tanggal 12 September 2019 tentang Pakaian Adat/Tradisional.
Dalam surat edaran Bupati, juga disebutkan bahwa pemakaian PDH Adat setiap Kamis dalam rangka melestarikan pakaian adat di Karanganyar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Sutarno mengatakan, kebijakan penggunaan pakaian adat berlaku mulai Kamis (7/11). “Namun jika besok (hari ini, Red) ada ASN yang belum mengenakannya, masih diberi kelonggaran,” katanya, Rabu (6/11).

Namun pada waktu-waktu mendatang, yang belum mengenakan pakaian adat akan ditertibkan. Sebab, penggunaan pakaian adat sudah menjadi tata tertib pemakaian seragam yang berlaku setiap Kamis.

Baca : The Godfather of Broken Heart Bakal Sambangi Karanganyar

“Ini bagian dari pelestarian budaya. Kalau biasanya setiap Kamis memakai batik, mulai besok setiap Kamis memakai pakaian adat. Yang laki-laki pakai baju hancinco, yang wanita berkebaya model kutu baru,” tuturnya.

Dengan penerapan kebijakan tersebut, pemakaian baju batik bagi ASN di Karanganyar menjadi sepekan sekali, yakni setiap Selasa. Sehingga, urutan pemakaian PDH di lingkungan Pemkab Karanganyar adalah seragam khaki setiap Senin, batik setiap Selasa, Rabu berseragam putih hitam, Kamis mengenakan pakaian adat dan Jumat mengenakan pakaian olahraga.

Untuk instansi tersebut, ada kebijakan khusus terkait pemakaian PDH. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan, bagi pegawai yang bertugas operasional atau lapangan pada instansi Satpol PP, Dishub PKP, BPBD, tenaga medis dan paramedis di DKK, diatur oleh instansi masing-masing sesuai peraturan yang berlaku.  (Irfan Salafudin) 

Baca : Didanai APBD Surakarta, 20 SMP Di Solo Dibantu Seprangkat Gamelan

Editor : Budi Sarmun