Ajak Generasi Milenial Kenali Keris, Javanologi UNS Gelar Pameran 101 Keris

pameran-keris-uns
PAMERAN: Ketua Institut Javanologi UNS Prof Sahid Teguh Widodo menunjukkan beberapa keris koleksi Begug Purnomosidi yng dipamerkan di Museum UNS. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menantang para akademisi agar menemukan formulasi yang mampu membuat generasi milenial untuk lebih mengerti dan tertarik pada keris. 

“Ajak, libatkan dan tumbuhkan minat para mahasiswa generasi milenial untuk mempelajari seluk beluk keris. Generasi millenial harus bangga dan siap menghadapi tantangan untuk melestarikan budaya bangsa, termasuk keris,” kata Rektor di sela pembukaan pameran 101 keris koleksi Begug Purnomosidi di Museum UNS, Gedung Perpustakaan Pusat lantai 7 UNS. 

Baca : Tetap Menjaga Wibawa, Pantang Minta Belas Kasihan

Didampingi Ketua Institut Javanologi UNS Prof Sahid Teguh Widodo, Rektor mengemukakan, perguruan tinggi, utamanya UNS yang identik dengan Universitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya nasional, sudah selayaknya menggali nilai-nilai seni dan filosofi Keris lebih dalam, dengan kekuatan riset dan para pakarnya. 

“Meskipun kita dituntut untuk terus berupaya mengejar kemajuan, tapi tetap tidak boleh tercabut dari tradisi bangsa. Tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung kita dan adiluhung bangsa,” tegasnya. 

Rektor juga mengapresiasi gagasan Institut Javanologi melakukan edukasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai keris. 

Baca : Ki Seno Nugroho, Titisan Ki Narto Sabdho itu Telah Lahir

“Di masa depan, UNS melalui Institut Javanologi akan menjadi central of excellent untuk bidang-bidang kebudayaan,” kata Rektor.

Ketua Institut Javanologi Prof Sahid Teguh Widodo mengemukakan, keris tidak hanya dimaknai dari aspek religius magis tetapi adalah produk kebudayaan warisan nenek luhur yang telah diakui dunia. Sebagai pemilik kebudayaan wajib melindungi, mengembangkan dan merawat kebudayaan tersebut. (Evie Kusnindya)

Baca : Gelar Kidung Macapatan Buat Jokowi Jelang Pelantikan

Editor : Budi Sarmun