Gelar Kidung Macapatan Buat Jokowi Jelang Pelantikan

lukisan-ki-djoko2
KIDUNG MACAPAT : Sanggar seni rupa wayang Ki Joko Dukuh Pelang, Klego, Boyolali yang dipimpin oleh pelukis Ki Djoko Sutedjo baru saja menggelar kegiatan tembang kidung macapat. (suaramerdekasolo.com/dok)

*Ki Djoko Bersiap Kirimkan Karya ke Istana

SANGGAR seni rupa wayang Ki Joko Dukuh Pelang, Klego, Boyolali yang dipimpin oleh pelukis Ki Djoko Sutedjo baru saja menggelar kegiatan tembang kidung macapat. Kidung yang dinyanyikan sekitar 50 seniman dari boyolali dan Semarang digelar di sanggar Ki Djoko ditujukkan untuk mendoakan Presiden Joko Widodo.

Tujuan lain kenapa kidung yang sarat makna ini dilantukan bersama-sama adalah mendoakan supaya proses pelantikan presiden pada 20 Oktober mendatang berlangsung lancar dan sukses.

Baca : Pentas Kolosal Budaya Lintas Agama Meriah dan Bermakna

“Kidung macapat yang didendangkan (dengan iringan gamelan ini-red) juga ditujukan sebagai perwujudan doa Indonesia bisa bersatu, aman, tentram, serta damai,” terang Ki Djoko yang dihubungi Kamis (10/10).

Seniman senior yang menghabiskan waktunya di Kota Lumpia itu juga mengaku dihubungi Istana Negara agar segera mengirimkan salah satu karya lukisannya. Ia mengungkapkan, keluarga dan Jokowi berminat memajang salah satu karya Ki Djoko di kompleks istana.

Baca : Warga Lepasliarkan 100 Ekor Burung, Dusun Sekaran Larang Perburuan

“Saya sudah di telpon dari istana (pihak Istana Negara-red) lukisanya di suruh mengantar,” imbuh Ki Djoko.

lukisan-ki-djoko2
TUNJUKKAN KARYA : Ki Djoko, seniman asal Klego Boyolali menunjukkan karya lukisanya yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. (suaramerdekasolo.com/dok)

Diungkapkan, karya lukisan yang bakal dipajang di tempat tinggal kepala negara adalah sebuah lukisan wayang yang berjudul Pandawa Lima Pancasila untuk bangsa Indonesia melalui presiden.

Lukisan tersebut memiliki ukuran 80 cm x 120 centimeter. Bahan lukisan dari kompos dan cat minyak. Karya ini memiliki makna setiap rakyat Indonesia mau mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca : Dalang ”Sepuh” yang Rajin Mencari, Mencipta dan Melengkapi

Ki Djoko sudah tidak asing lagi di dunia seni lukis. Ia dikenal sebagai salah satu pencipta lukis wayang yang kreatif. Berbagai pameran lukisan sudah digelarnya di kota-kota besar di Indonesia. Karyanya yang cukup fenomenal adalah melukis tokoh Semar terkecil 1998 silam. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Balasan