Dinas Kebudayaan Surakarta Genjot Pembinaan Karakter Seni Budaya Usia Dini

karakter-seni
FOTO/dok

SOLO,suaramerdekasolo.com -Dinas Kebudayaan Pemkot Surakarta saat ini sedang menyusun peta jalur penguatan seni budaya di Kota Solo. Salah satu fokus yang sedang digarap adalah menumbuhkembangkan karakter dan kecintaan seni budaya kepada generasi muda.

Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta, Kinkin Sultanul Hakim menjelaskan, anak-anak yang duduk di bangku sekolah menengah pertama adalah generasi yang wajib mendapatkan pendidikan karakter seni dan budaya ini. Oleh karenanya dinasnya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta menggarap peta jalur tersebut (road map).

“Yang jelas kami sentuh siswa siswi SMP di Kota Solo untuk dididik agar memiliki karakter seni dan budaya. Salah satunya adalah mengenalkan mereka ke musik gamelan, lalu menguasai alat musik tersebut,” katanya.

Dinas Kebudayaan Pemkot Surakarta lanjut Kinkin, bakalan menyediakan fasilitas alat musik berikut pelatihnya. Pasalnya, sumber daya manusia di bidang kesenian dan kebudayaan ada di dinasnya, sementara Dinas Pendidikan membantu sebagai pendukung.

Kinkin berharap, upaya-upaya yang dilakukan ini bisa mengairahkan kesenian dan kebudayaan di generasi milenia. Sehingga warisan kebudayaan dan kesenian nenek moyang tidak memudar dan ditinggalkan.

Di lingkungan kemasyarakatan, Dinas Kebudayaan juga melibatkan orang tua untuk terus menguri-uri seni budaya seperti ketoprak, tari-tarian. Bahkan, sanggar-sanggar yang ada sekarang ini bakalan dihidupkan kembali.

“Kami bekerja sama dengan kelurahan-kelurahan yang ada di Solo untuk menjaga sanggar-sanggar kesenian di kelurahan tetap hidup. “

Dikatakan, meski saat ini Kota Solo masih mengutamakan anggaran pada sektor-sektor vital seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan kepegawaian.

Namun Kinkin tidak minder bila anggaran pelestarian kebudayaan dan kesenian tak begitu besar. “Yang jelas kami terus melakukan pembinaan karakter seni budaya melalui anak-anak, walaupun ada keterbatasan anggaran. Karena bagaimana pun Solo ini tetap dikenal sebagai kota seni dan budayanya,” imbuhnya. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini