Didanai APBD Surakarta, 20 SMP Di Solo Dibantu Seprangkat Gamelan

bantuan-gamelan-solo
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – Dinas Kebudayaan Pemkot Surakarta bakalan menyalurkan gamelan-gamelan ke duapuluh sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Solo. Bantuan gamelan yang dialokasikan dari APBD 2019 ini direalisasikan sampai akhir tahun ini.
Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta, Kinkin Sultanul Hakim saat ditemui di gedung DPRD Surakarta mengatakan, seperangkat gamelan yang diserahakan ke SMP-SMP ini diharapkan bisa mendorong siswa sekolah memiliki kemampuan memainkan gamelan dan lebih mencintai warisan nenek moyang.
“Tahun ini sebanyak 20 SMP yang kami bantu seperangkat gamelan. Nilai anggaran satu perangkat gamelan mencapai Rp 250 juta,” kata Kinkin.

Sekolah-sekolah yang menerima bantuan gamelan dari Pemkot Surakarta diminta segera menindaklanjutinya dengan membuat program kepada sekolah. Sehingga pada saatnya nanti siswa-siswa yang bisa memainkan gamelan ini bisa segera menunjukkan keahliannya di muka umum.

“Ya nanti sekolah-sekolah ini tampil di muka umum dalam kegiatan-kegiatan festival budaya, kreasi sekolah, dan lain-lain,” imbuh Kinkin.

Gamelan Kelurahan

Terkait keberadaan gamelan di kelurahan-kelurahan yang saat ini sebagian besar kurang terurus. Kinkin mengimbau agar pihak kelurahan bisa mengoptimalkan anggaran kebudayaanya untuk opersional latihan dan perawatan gamelan.

“Jangan semua anggaran kegiatan kebudayaan dihabiskan untuk kegiatan jangka pendek saja. Anggaran menengah seperti biaya operasional latihan sanggar dan perawatan gamelan juga wajib diadakan agar sanggar dan pemanfaatan gamelan tetap berjalan,” ujarnya. (Budi Santoso)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini